Saturday, August 7, 2010

HEMAT ENERGI

Energi Listrik banyak digunakan pada alat-alat rumah tangga, seperti lampu penerangan, telivisi, kulkas, kipas angin dan lain sebagainya. Kita seharusnya tidak menggunakan energi listrik dengan boros atau mengobral energy tanpa memperhitungkan dampak buruknya.

Disamping itu dalam menggunakan energy tenaga listrik kita harus hati-hati, karena jika kita menggunakan secara ceroboh kita bisa kena setrom atau bisa mengakibatkan kebakaran. Selain Listrik ada banyak jenis energy yang perlu kita hemat, antara lain Minyak Tanah, Bensin, Solar, ataupun Gas. pemanfaatan energy tersebut yaitu, minyak tanah untuk kompor minyak, bensin untuk kendaraan bermotor, diesel untuk kendaraan bermotor bermesin diesel, dan gas untuk kompor gas.

Energy listrik dari bahan bakar fosil sangat bermanfaat, namun ketersediaannya sangat terbatas. Oleh karena itu kita harus bisa menggunakannya secara bijaksana, tidak boleh di obral secara membabi buta / boros. Listrik dihasilkan dari proses yang sangat rumit dan ada yang menggunakan bahan bakar fosil, sehingga listrik jadi tidak murah, sedangkan bahan bakar minyak dari fosilini ketersediaannya di bumi ini sangat terbatas dan proses pembentukannya memerlukan waktu yang sangat lama. Oleh karena itu kita harus menghematnya.

Keuntungan lain dari hemat energy yaitu kita dapat mengurangi biaya pengeluaran rumah tangga, mengurangi pencemaran, dan memperlambat habisnya sumber energydi bumy kita tercinta ini.

sumber : B. Sutejo & Chatarina DL

No comments:

Post a Comment